WASPADAI BAHAYA PLASTIK


paankbilang.blogspot, Dalam kehidupan kita sehari-hari saat ini sudah dipenuhi berbagai jenis plastik, dan berita tentang bahaya plastik sudah sering kita ketahui, apalagi tentang limbahnya yang sulit untuk di daur ulang. Bahkan dalam kehidupan kita sulit sekali menghindari plastik dari aktivitas kita. Kalau memang plastik itu tidak baik untuk kesehatan, apakah ada tanda pengenalnya?

Ternyata ada loch? Dan itu sudah diatur dan ditetapkan secara internasional, sehingga di manapun di belahan dunia ini kode dan simbolnya sama.

Secara umum tanda tersebut berada di dasar, berbentuk segi tiga, di dalam segitiga akan terdapat angka, serta nama jenis plastik di bawah segitiga, dengan contoh dan penjelasan sebagai berikut:

Kode 1: PETE — Polyethylene Terephthalate
Biasanya, pada bagian bawah kemasan botol plastik, tertera logo daur ulang dengan angka 1 di tengahnya dan tulisan PETE atau PET (polyethylene terephthalate) di bawah segitiga.


  • Biasa dipakai untuk botol plastik yang jernih/transparan/tembus pandang seperti botol air mineral, botol jus, dan hampir semua botol minuman lainnya.
  • Mayoritas bahan plastik PET di dunia untuk serat sintetis (sekitar 60 %), dalam pertekstilan PET biasa disebut dengan polyester (bahan dasar botol kemasan 30 %) Botol Jenis PET/PETE ini direkomendasikan HANYA SEKALI PAKAI,
  • kenapa?
  • Bila terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker)
  • Di dalam membuat PET, menggunakan bahan yang disebut dengan antimoni trioksida, yang berbahaya bagi para pekerja yang berhubungan dengan pengolahan ataupun daur ulangnya, karena antimoni trioksida masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernafasan, yaitu akibat menghirup debu yang mengandung senyawa tersebut. Terkontaminasinya senyawa ini dalam periode yang lama akan mengalami: iritasi kulit dan saluran pernafasan.
  • Bagi pekerja wanita, senyawa ini meningkatkan masalah menstruasi dan keguguran, pun bila melahirkan, anak mereka kemungkinan besar akan mengalami pertumbuhan yang lambat hingga usia 12 bulan.
Kode 2: HDPE — High Density Polyethylene
Umumnya, pada bagian bawah kemasan botol plastik, tertera logo daur ulang dengan angka 2 di tengah
nya, serta tulisan HDPE (high density polyethylene) di bawah segitiga.


  • Biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu, tupperware, galon air minum, kursi lipat, dan lain-lain.
  • HDPE merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan/minuman yang dikemasnya.
  • HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi.
  • Sama seperti PET, HDPE juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian, karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu
Kode 3: Polyvinyl Chloride

Te
rtera logo daur ulang (terkadang berwarna merah) dengan angka 3 di tengahnya, serta tulisan V — V itu berarti PVC (polyvinyl chloride), yaitu jenis plastik yang paling sulit didaur ulang.

  • Plastik ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap), dan botol-botol.
  • PVC mengandung DEHA yang dapat bereaksi dengan makanan yang dikemas dengan plastik berbahan PVC ini saat bersentuhan langsung dengan makanan tersebut karena DEHA ini lumer pada suhu -15oC.
  • Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.
  • Sebaiknya kita mencari alternatif pembungkus makanan lain yang tidak mengandung bahan pelembut, seperti plastik yang terbuat dari polietilena atau bahan alami (daun pisang misalnya).

Kode 4: LDPE — Low Density Polyethylene

Tertera logo daur ulang dengan angka 4 di tengahnya, serta tulisan LDPE
– LDPE (low density polyethylene) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic/dibuat dari minyak bumi), biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol-botol yang lembek.
  • Sifat mekanis jenis plastik LDPE adalah kuat, agak tembus cahaya, fleksibel dan permukaan agak berlemak. Pada suhu di bawah 60oC sangat resisten terhadap senyawa kimia, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, akan tetapi kurang baik bagi gas-gas yang lain seperti oksigen.
  • Plastik ini dapat didaur ulang, baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat, dan memiliki resistensi yang baik terhadap reaksi kimia.
  • Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.

Kode 5: PP — Polypropylene

Tertera logo daur ulang dengan angka 5 di tengahnya, serta tulisan PP– PP (polypropylene) adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik, terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi.

  • Karakteristik adalah biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan. Polipropilen lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap
  • Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman.

Kode 6: PS — Polystyrene

Tertera logo daur ulang dengan angka 6 di tengahnya, serta tulisan PS– PS (polystyrene) ditemukan tahun 1839, oleh Eduard Simon, seorang apoteker dari Jerman, secara tidak sengaja.

  • PS biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain.
  • Polystyrene merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan.
  • Selain tempat makanan, styrene juga bisa didapatkan dari asap rokok, asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung.
  • Bahan ini harus dihindari, karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan dan sistem syaraf, juga karena bahan ini sulit didaur ulang. Pun bila didaur ulang, bahan ini memerlukan proses yang sangat panjang dan lama.
  • Bahan ini dapat dikenali dengan kode angka 6, namun bila tidak tertera kode angka tersebut pada kemasan plastik, bahan ini dapat dikenali dengan cara dibakar (cara terakhir dan sebaiknya dihindari). Ketika dibakar, bahan ini akan mengeluarkan api berwarna kuning-jingga, dan meninggalkan jelaga.

Kode 7: OTHER

Tertera logo daur ulang dengan angka 7 di tengahnya, serta tulisan OTHER– Other: SAN – styrene acrylonitrile; ABS - acrylonitrile butadiene styrene; PC - polycarbonate, Nylon

  • Dapat ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, komputer, alat-alat elektronik, dan plastik kemasan.
  • PC - Polycarbonate dapat ditemukan pada botol susu bayi, gelas anak batita (sippy cup), botol minum polikarbonat, dan kaleng kemasan makanan dan minuman, termasuk kaleng susu formula.
  • Dapat mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma, dan mengubah fungsi imunitas.
  • Dianjurkan untuk tidak dipergunakan untuk tempat makanan ataupun minuman karena Bisphenol-A dapat berpindah ke dalam minuman atau makanan jika suhunya dinaikkan karena pemanasan. Ironisnya botol susu sangat mungkin mengalami proses pemanasan, entah itu untuk tujuan sterilisasi dengan cara merebus, dipanaskan dengan microwave, atau dituangi air mendidih atau air panas.
  • SAN dan ABS memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, kekuatan, kekakuan, dan tingkat kekerasan yang telah ditingkatkan.
  • Biasanya terdapat pada mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi, dan sikat gigi, sedangkan ABS biasanya digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa.
  • SAN dan ABS merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan.


Apakah yang Dapat Kita Peroleh dari Informasi SIMBOL PLASTIK Tersebut?
Kita harus bijak dalam menggunakan plastik, khususnya plastik dengan kode 1, 3, 6, dan 7 (khususnya polycarbonate), seluruhnya memiliki bahaya secara kimiawi. Ini tidah berarti bahwa plastik dengan kode yang lain secara utuh aman, namun perlu dipelajari lebih jauh lagi. Maka, jika kita harus menggunakan plastik, akan lebih aman bila menggunakan plastik dengan kode 2, 4, 5, dan 7 (kecuali polycarbonate) bila memungkinkan. Bila tidak ada kode plastik pada kemasan tersebut, atau bila tipe plastik tidak jelas (misalnya pada kode 7, di mana tidak selamanya berupa polycarbonate), cara terbaik yang paling aman adalah menghubungi produsennya dan menanyakan mereka tentang tipe plastik yang digunakan untuk membuat produk tersebut.

Sumber://beritahabitat.net




jangan lupa ninggalin comment sama isi buku tamu yaa

45 komentar:

Anonymous said...

Thanks sharing Infonya, kok se-begitu tersembunyinya ya? apa supplier plastik khawatir nggak laku?


Hyaaaaakh

Anonymous said...

kok bebas di edarin yaa..
pa g sebaiknya di ilangin dari peredaran aza tu bahan kayak gtuuuu.....

titip link ya!!!!

Foredi said...

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Foredi said...

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Gasa said...

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

Gagah Perkasa said...

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Tisu Majakani said...

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Sarang Semut said...

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

Sarang Semut Papua said...

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

BioJANNA said...

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Macafit said...

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

Xamthone said...

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Xamthone Plus said...

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Vitabrain said...

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Crystal X said...

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Ejakulasi Dini said...

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Obat Kuat said...

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Obat Amandel said...

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Abecell said...

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Abe Cell said...

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Foredi said...

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

Foredi Gel said...

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

Gasa said...

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Gagah Perkasa said...

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

Tisu Majakani said...

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Sarang Semut said...

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Sarang Semut Papua said...

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

BioJANNA said...

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Macafit said...

Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

Xamthone Plus said...

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

Vitabrain said...

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

GoldenSorcerer17 said...

hatay evden eve nakliyat
ısparta evden eve nakliyat
erzincan evden eve nakliyat
muğla evden eve nakliyat
karaman evden eve nakliyat
1P38

BilgiGezgini63 said...

trabzon evden eve nakliyat
bursa evden eve nakliyat
ordu evden eve nakliyat
erzurum evden eve nakliyat
mardin evden eve nakliyat
NL8

D2F71Elizabeth97607 said...

54E81
Ünye Koltuk Kaplama
Şırnak Şehirler Arası Nakliyat
Kastamonu Lojistik
Batman Evden Eve Nakliyat
Bilecik Evden Eve Nakliyat
Etlik Boya Ustası
Şırnak Lojistik
Edirne Parça Eşya Taşıma
Elazığ Parça Eşya Taşıma

63E87GregoryBD700 said...

85DE1
Isparta Lojistik
Batman Lojistik
İzmir Lojistik
Ağrı Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Parke Ustası
Yalova Şehirler Arası Nakliyat
Adana Şehirler Arası Nakliyat
Mamak Boya Ustası
Karabük Şehir İçi Nakliyat

117CEAstridC09FB said...

A0D5B
Bingöl Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Oto Lastik
Ünye Petek Temizleme
Osmaniye Şehirler Arası Nakliyat
Ünye Kurtarıcı
Adıyaman Şehirler Arası Nakliyat
Çerkezköy Evden Eve Nakliyat
Ankara Evden Eve Nakliyat
Denizli Lojistik

ED644MichelleBF4F4 said...

F1A72
Yalova Lojistik
Batman Şehir İçi Nakliyat
Adıyaman Şehir İçi Nakliyat
Karaman Şehirler Arası Nakliyat
Kütahya Lojistik
Çerkezköy Kurtarıcı
Kayseri Parça Eşya Taşıma
Ünye Televizyon Tamircisi
Silivri Duşa Kabin Tamiri

402B4AlissaDBBDC said...

38B64
Silivri Evden Eve Nakliyat
Iğdır Şehir İçi Nakliyat
buy deca durabolin
Bingöl Şehir İçi Nakliyat
testosterone propionat for sale
Kars Şehirler Arası Nakliyat
Ordu Şehir İçi Nakliyat
hacklink
boldenone

ADF04Kevin605CB said...

3778F
Binance Hangi Ülkenin
Coin Üretme
Paribu Borsası Güvenilir mi
Kripto Para Nasıl Çıkarılır
Mexc Borsası Güvenilir mi
Kripto Para Madenciliği Nasıl Yapılır
Coin Madenciliği Nedir
Bitcoin Kazanma Siteleri
Binance Nasıl Üye Olunur

2B684KianB3AE6 said...

7D884
binance referans kodu
referans kimliği nedir
binance referans kodu
resimli magnet
referans kimliği nedir
resimli magnet
resimli magnet
binance referans kodu
binance referans kodu

_Takipci-satin-al____ said...

03466
paribu
huobi
bybit
bitrue
papaya
binance
probit
sohbet canlı
en az komisyon alan kripto borsası

_Takipci Satin alma________ said...

F45F5
bkex
kraken
cointiger
katran sabunu
bitrue
bybit
binance ne demek
kizlarla canli sohbet
binance referans

_Takipci-Satin-alma said...

27908
filtre kağıdı
kucoin
papaya meyvesi
mexc
binance referans kimliği
ilk kripto borsası
bitcoin nasıl oynanır
kucoin
kripto para kanalları telegram

--------Takipci_satin_alma- said...

3A95D
binance referans kimliği nedir
mexc
cointiger
toptan mum
bybit
kraken
binance referans kodu
mercatox
binance

-------Takipci said...

52DCA
canlı sohbet siteleri
kripto para nereden alınır
btcturk
paribu
bitcoin haram mı
mexc
https://kapinagelsin.com.tr/
bybit
binance referans

Post a Comment

Semoga dengan ini, hidup kita semakin lebih baik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ideas Community