Trik-Trik Rahasia Pada GMail

paankbilang.blogspot, Setelah kemarin saia menulis tentang Menggabungkan Beberapa Akun GMail dalam 1 Inbox, kali ini saia akan mengulas sedikit tentang beberapa fitur-fitur menakjubkan (menurut saia) dari GMail. Meski mungkin anda telah bertahun-tahun bersamanya, namun beberapa trik pintar berikut mungkin anda belum tahu. Kalaupun anda sudah tahu tentang ini, mohon koreksinya di kolom komentar dibawah. Oye? Otre, saia lanjutgan.

Hosting File Gratis

Di era serba internet seperti sekarang, banyak sekali kita jumpai hosting atau tempat penyimpanan file gratis di internet. Tak perlu saia sebutkan anda pasti sudah tahu. Namun karena kegratisannya tersebut, kebanyakan penyedia layanan hosting gratis akan mewajibkan kita
melihat iklan di halaman mereka, atau yang paling umum, kita mesti menunggu sekian detik atau menit hanya untuk mengunduh/download file milik kita sendiri. Setelah waktunya untuk bisa di download tiba, kita pun hanya dikasih bandwidth yang sekadarnya. Dan yang paling penting, sebagian besar tidak resumable. Anda mesti mengulang download dari awal jika proses download terhenti.
GMail memberikan solusi cerdas bagi kita. Caranya? Bukalah akun GMail anda, "pura-pura" mau menulis email baru (Compose) lalu upload berkas kita. Setelah itu simpanlah dalam draft. Selesai. Kapanpun anda membutuhkan file tersebut, darimanapun anda asal ada akses ke internet, anda tinggal membuka GMail, search, dan unduhlah dengan kecepatan penuh tanpa menunggu dan tanpa iklan. Suip to?

Fitur Remove Formatting

Pernahkah anda mengirim email yang merupakan hasil copy-paste? Saia sering karena sering diminta mengiurim data. Daripada ngetik ulang, kan lebih cepat copy-paste. Paling sering saia melakukan aksi tempel-salin data adalah dari Microsoft Word. Celakanya, seringkali teks yang kita copy mengandung unsur formatting. Baik berupa huruf ditebalkan, dimiringkan, maupun teks-teks yang mengandung link.

Dulu, yang saia lakukan untuk menetralisir formatting adalah dengan mem-paste terlebih dahulu ke notepad kemudian teks di notepad di-copy ulang dan paste di email. Ternyata eh ternyata berjudi juga haraaam di GMail ada fitur Remove Formatting.
Ya, hanya dengan meng-klik tombol anda bisa mem-paste teks sebagai Plain text.

Mengembalikan Data Kontak yang Hilang

Ada kalanya, sebagai manusia kita melakukan kesalahan. Seperti misalnya secara tidak sengaja menghapus data kontak email. Tak perlu bingun mencari software untuk me-restore data kontak di GMail anda yang terhapus. Anda mungkin belum mengetahui jika ternyata Tim GMail secara reguler melakukan back-up pada data kontak pada akun penggunanya.
Untuk merestore data kontak yang hilang, silakan masuk ke menu kontak, lalu cari Opsi More... atau Selengkapnya. Akan ada beberapa pilihan disana seperti Impor, Ekspor, Cetak, dll. Klik pada Restore Contacts/Pulihkan Kontak dan... tada.... data kontak anda akan kembali lagi.

Mengirim Foto Tanpa Perlu "Insert Image"

Jika anda sering berbagi foto atau gambar melalui email, secara konvensional kita akan memasukkan gambar yang akan kita kirim melalui menu Insert Images/Sisipkan Foto atau bahkan melalui menu Attachment. Wealah, ada cara yang lebih praktis bos. Tak perlu menavigasi tombol browse-nya browser (?) ke drive penyimpanan foto: kelamaan. Cukup melalui windows explorer, pilih gambar dimaksud, copy. Masuk kembali ke email, dan paste. Selesai. :D

Mensortir Ukuran Email

Layanan GMail gratisan, rata-rata diberi ukuran penyimpanan sebesar 10,1 GB. Bagi anda yang suka kiram-kirim file besar seperti video atau grafis HQ, kuota penyimpanan 10,1 GB mungkin habis dalam waktu 1-2 tahun, atau bahkan sebelum itu. Cara yang biasanya ditempuh biar alamat email nggak perlu ganti antara lain membeli fitur premium (mbayar) atau.... menghapus email dengan attachment segede kingkong (gratis).
Di GMail anda tidak perlu menelusuri satu demi satu email tersimpan untuk mengetahui mana email yang paling gendut. Silakan pelajari detilnya disini.

Sementara itu dulu. Mohon koreksi dan tambahannya bagi para master sekalian. Semoga membantu.

Top Blogs jika anda suka dengan blog ini, dan, jangan lupa ninggalin comment sama isi buku tamu yaa

10 komentar:

obat pemutih gigi said...

keren sekali infonya

obat herbal wasir kronis tanpa operasi said...

trik yang bagus
Obat Herbal Penurun Darah Tinggi Obat Herbal Ambeien Akut Obat Herbal Batu Empedu Tanpa Operasi Obat Herbal Sinusitis Kronis Obat Herbal Tumor Otak Jinak Obat Herbal Wasir Kronis Tanpa Operasi Obat Herbal Liver Kronis Paling Ampuh Obat Herbal Bronkitis Kronis Obat Herbal Usus Buntu Tanpa Operasi Obat Herbal Eksim Paling Ampuh Obat Herbal Gagal Ginjal Kronis

obat herbal kanker pankreas said...

nice article
Obat Herbal Tulang Keropos Obat Herbal Amandel Kronis Obat Herbal Vertigo Akut Obat Herbal GlaukomaObat Herbal Varises Obat Herbal Kanker Usus Halus Obat Herbal Alzheimer Paling Ampuh Obat Herbal Epilepsi Obat Herbal Sipilis Obat Herbal Pasca Stroke Obat Herbal Kanker Hati Obat Herbal Meningitis Obat Herbal Untuk Penyakit Faringitis Suplemen Pemutih Wajah Obat Herbal Bopeng Di Wajah Obat Herbal Kanker Pankreas

obat herbal fistula ani said...

kereeennn
Obat Herbal Fistula Ani
Obat Herbal Kanker Pankreas
Obat Herbal Kanker Kandung Kemih

lunasweet said...

cerita dewasa
lotere indonesia
nonton bokep
Nonton Movie Online
Film Bioskop Terbaru
berita artis hot

Mobile App Developers said...

It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing the such information with us.

App Development Company London said...

I wish to say that this post is awesome, nice written and include almost all important info’s. I’d like to see more posts like this.

UI/UX Studio Delhi said...

Very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my
knowledge grow better. Keep it up.

Blogger said...

If you would like an alternative to casually approaching girls and trying to find out the right thing to say...

If you would rather have women chase YOU, instead of spending your nights prowling around in crowded bars and night clubs...

Then I encourage you to view this eye-opening video to find out a amazing secret that can literally get you your very own harem of sexy women:

Facebook Seduction System...

GST Training said...

I am extremely impressed along with your writing abilities, Thanks for this great share.

Post a Comment

Semoga dengan ini, hidup kita semakin lebih baik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ideas Community