HTML -XML-XHTML bersaudara

paankbilang.blogspot,

Bagi newbie atau pemain baru dunia blog, utak-atik template adalah sebuah keasyikan tersendiri. Utak-atik template dengan cara download di situs/blog penyedia Full Tempale mungkin bukan masalah, karena tinggal “Upload New Tempale” –> Confirm and Save –> Save Template –> Beres. Tapi bagi yang suka improvisasi dan memodifikasi templat agar terasa “gue banget”, merubah template dengan Edit HTML adalah sebuah menu wajib.
Lha, permasalahannya,tak jarang, setelah kode-kode HTML itu dimodif, kemudian kita Preview atau langsung “Save Template”, yang terjadi justru muncul peringatan dengan huruf berwarna merah seperti: “code could not be parsed, atau not well-formed, was broken, atau not closed properly". Itu adalah peringatan bahwa kode-kode yang kita rubah masih ada yang kurang, alias tidak memenuhi “syarat” sebagai sebuah kode utuh. Kesalahan ini bisa kita perbaiki dengan memperhatikan pesan tersebut dan mengidentifikasi, bagian mana yang harus diperbaiki. Dan untuk ini, kita harus tahu tentang aturan-aturan penulisan HTML.
Untuk pengguna blogger, template ditulis dengan XHTML 1.0 Strict Document Type. Sebagai bahan pembelajaran, bagi saya dan kita khususnya, mari kita bahas aturan-aturan yang berlaku pada XHTML (HTML syntax)

XML, HTML and XHTML

Langsung ke pokok soal, bila kita lihat kode HTML untuk blogger (bisa dilihat pada Dashboard-Lay Out-Edit HTML, atau klik kanan pada halaman blog atau web – View Page Source (firefox), atau pencet Ctrl + U), pada bagian paling atas akan terlihat

<!DOCTYPE html PUBLIC "-//W3C//DTD XHTML 1.0 Strict//EN" http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd&gt;

HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa pemrograman yang mengkombinasikan teks dan informasi tambahan mengenai teks tersebut. Informasi tambahan tersebut, contohnya mengenai struktur dan presentasi teks, diwujudkan menggunakan kode-kode yang bercampur dengan teks utama. HTML ditemukan oleh Tim Berners-Lee, dan telah digunakan sejak zaman awal penemuan internet dan website.
XML (Extensible Markup Language) adalah sebuah meta-language, bahasa markup (peng-kode-an) serbaguna untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.
Di era sekarang, yang lazim digunakan adalahperpaduan antara HTML dan XML. Dan hasil “kawin silang" ini menghasilkan: XHTML (Extensible Hypertext Markup Language).

Aturan-Aturan (Rules) XHTML

1. Penulisan kode dengan huruf kecil

Semenjak XML case sensitive, semua kata kode dan penamaan atribut XHTML menggunakan huruf kecil. Misal, kode pada Template tidak tertulis

<TITLE>paank bilang: </TITLE>


tetapi:

<title>paank bilang: </title>




Bersambung lagi,...

jangan lupa ninggalin comment sama isi buku tamu yaa

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ideas Community