Perang Irit Skuter Matic

paankbilang.blogspot, Persaingan produsen motor matic di awal tahun 2012 kian HOT. Tiga produsen motor asal jepang: Honda, Yamaha, dan Suzuki sama-sama mengeluarkan produk terbaru mereka. Menyambut kabar kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) pada April mendatang, tagline irit menjadi senjata ampuh yang -entah sengaja atau tidak- kompak mereka kumandangkan.

Honda Vario 125


Honda sebagai 'pemilik' tagline irit nampaknya mesti hati-hati dengan terobosan para kompetitornya. Setelah sukses dengan aneka varian Vario, tahun 2012 ini Honda makin 'ganas' dengan mengeluarkan varian baru motor matic Vario. Vario 125 boleh jadi merupakan primadona baru bagimpara pecinta matic Indonesia karena sarat dengan teknologi baru dan mumpuni a la Honda.Tak tanggung-tanggung, setelah Vario 125 ini resmi diluncurkan pada Februari lalu kabarnya Honda Vario versi 110 cc resmi discontinue atau tidak lagi diproduksi.

Untuk pemasarannya, matic dengan nama pasaran lengkap Honda Vario Techno 125 PGM-FI ini sudah menjalani touring bertajuk "Ultimate Journey Jawa-Bali" sebagai ajang unjuk gigi. Teknologi Fuel Injection yang disematkan dalam mesin motor ini makin jos dengan dukungan Combi Brake System(CBS).

Pada bagian dapur pacu, disamping teknologi injeksi, mesin Vario 125 juga mengaplikasikan teknologi yang bernama enchanced Smart Power (eSP). Dengan ePS ini Honda mengklaim akan menghasilkan pembakaran yang lebih efisien dan power yang lebih baik. Penerapan PGM-FI membuat konsumsi bahan bakar Vario 125 lebih hemat 30 persen dengan rincian 52,1 km per liter bensin.

Pun suara khas seperti tumbukan keras saat mesin dihidupkan telah diperbaiki Honda dan dipastikan tidak akan ditemukan pada Vario 125 ini. Teknologi Honda lain yang dikonon menjadi trend-setter seperti key shutter, brake-lock dan side-stand switch (auto power off pada standar samping) masih di pertahankan. Terobosan ini pun mulai dilirik produsen lain (baca: Yamaha) dengan sedikit ubahan variasi sebagai pembeda.

Berikut Penampakan Honda Vario 125:

Honda-Vario-Techno-125-PGM-FI-ePS











Dan Berikut Spesifikasinya:

Spesifikasi Resmi Honda Vario 125 PGM-FI ePS








Yamaha Mio-J


Seakan tidak mau kalah dengan Honda yang meluncurkan skutik fuel injection, Yamaha Kencana Motor Indonesia (YMKI) juga menyematkan teknologi ini pada varian Mio terbarunya. Berbeda dengan Honda yang memanggil teknologi ini dengan Programmed Fuel Injection (PGM-FI), Yamaha menamainya dengan Yamaha Mixture Jet Fuel Injection (YMJet-FI). pabrikan berlogo garputala ini sepertinya memang berusaha memperbaiki konsumsi bahan bakar si "otomatis duluan" yang dikenal boros.

Dipadu dengan teknologi Diasil Cylinder dan Forged Piston, diyakini Yamaha Mio Jet-F1 atau dikenal dengan Mio-J menjadi motor matic pertama dengan performa tinggi dan konsumsi BBM yang 30 persen lebih irit. Kapasitas mesin pun diperbesar: 113 cc. Peningkatan kapasitas dari 110 cc ke 133 cc ini seolah ditujukan untuk menjawab keraguan konsumen apakah aplikasi YMJet-FI hanya sekedar irit atau diikuti dengan peningkatan performa.

Masih merujuk pada inovasi Honda, Mio-J dilengkapi dengan bagasi luas seperti yang terdapat pada Honda Spacy dan Supra 125 Helm-In. Tangki bahan bakar pun diperbesar menjadi 4,8 liter. Dengan konsumsi bahan bakar 63 km/liter kapasitas sebesar ini mampu mendongkrak daya jelajah hingga 69 persen dibanding Mio versi 110 cc. Tak ketinggalan, inovasi key shutter dengan desain terbaru yakni Kontur Gelombang (Wave Key) melengkapi motor langsing ini.

Berikut Penampakan Yamaha Mio-J:

Yamaha Mio-J















Dan berikut Spesifikasinya:

















Suzuki Nex


Kemunculan Suzuki Nex pada awal tahun ini sempat menyita perhatian masyarakat pecinta motor matic Indonesia. Pasalnya, Suzuki selama ini dikenal dengan motor-motornya yang meski bertenaga, namun haus akan BBM. Lha, lewat produk terbarunya ini Suzuki merilis matic paling irit se Indonesia. Klaim ini mereka buktikan dengan mengantongi penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai motor ter-irit di Indonesia. Nex hanya membutuhkan satu liter bahan bakar untuk melahap jarak 79,69 kilometer.

Penghargaan ini diperoleh Nex dengan test ride di Sirkuit Sentul dalam kecepatan rata-rata 40 km/jam. Meskipun, menurut saia, di jalanan umum tentu akan menghasilkan angka berbeda, namun Nex sudah menabuh genderang perang untuk meng-kudeta label motor ter-irit.

Motor Matic 110 CC yang didesain lebih ramping ini, menurut dugaan pengamat otomotif, diluncurkan dalam rangka menggeser dominasi Honda BeAT. Apalagi secara fisik desain kedua motor ini memang banyak kemiripan.

Suzuki Nex saat ini menjadi satu-satunya motor matic keluaran tahun 2012 yang belum mengaplikasikan teknologi fuel injection. Asumsi saia, mungkin pabrikan suzuki menganggap motor ini sudah cukup irit tanpa teknologi itu, mengesampingkan keluaran gas buang dimana injeksi diklaim banyak pihak lebih ramah lingkungan.

Berikut Penampakan Suzuki Nex:

Suzuku Nex - Saingan BeAT











Top Blogs jika anda suka dengan blog ini, dan,jangan lupa ninggalin comment sama isi buku tamu yaa

34 komentar:

Anonymous said...

Nice review...

Anonymous said...

gw pilh yg pling irit...

Anonymous said...

gw pilih mio J dengan teknologinya banyak yang baru

Anonymous said...

Vario 125... Mangstab gan! Ride the future!!!!

Motor Matic Injeksi Irit Yamaha said...

Hm.... Vario 125 lebih boros dibandingi Yamaha Mio J terbaru lo..
Teknologi Fuel Injection (FI) Yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat di atas 30 persen dari Mio J ini yang saya suka dari motor Yamaha ini. Salam sukses sob.

jamu abecell said...

makasih atas infonya,saya jadi mau coba

abecell said...

keren artikelnya inspiratif saya pasti coba

gejala anemia said...

terima kasih, mau dicoba oleh saya.

cara mengobati anemia said...

Semoga saya bisa praktekan tipsnya

penyebab anemia said...

saya menemukan artikel yang sangat amazing

penyebab penyakit anemia said...

tulisannya menarik juga. Saya akan coba

belajar bisnis internet said...

terima kasih sudah berbagi ilmu

gejala penyakit batu empedu said...

Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

penyebab batu empedu said...

sangat Menarik Artikel dan Tipsnya

obat batu empedu said...

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba

manfaat buah delima said...

Artikel yang sangat Innovatif pasti saya akan coba

tahesta cuka apel said...

Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba.

cuka apel said...

di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus

cara mengobati darah rendah said...

banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu

gejala darah rendah said...

tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

makanan tekanan darah rendah said...

Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

cara mengatasi darah rendah said...

Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

cara mengobati darah rendah said...

Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

gejala darah rendah said...

Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

darah rendah said...

info menarik,boleh dicoba, Semoga berhasil

mengatasi hipotensi said...

saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba

mengatasi tekanan darah rendah said...

Infonya Menarik terutama tipsnya, boleh dicoba. Salam sukses

cara mengatasi penyakit darah rendah said...

setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicob

khasiat daun kelor said...

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

tanda-tanda sakit jantung said...

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

gejala penyakit jantung said...

Informasinya keren sekali, sangat bermanfaat.sukses selalu

Bisnis Online said...

memang karean harga bensin cenderung naik, sedangkan orang indonesia pengennya irit pengeluaan bensin. walaupun tetap boros untuk urusan makan makan. Jadilah para produsen berlomba irit.

paank Fachrezi said...

@ Bisnis Online, Jika anda seksama, tidak ada produsen motor di Indonesia yang menawarkan fitur keamanan. Hampir semuanya konsen pada fitur cepat dan irit. tul gak?

obat untuk penyakit anemia dan penyebabnya said...

artikel ini menarik untuk di baca

Post a Comment

Semoga dengan ini, hidup kita semakin lebih baik

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Ideas Community